Upacara Bersih Desa "Seblang" dari Masyarakat Using Banyuwangi

Dalam kehidupan masyarakat tentu kita mengenal apa yang disebut kerja bakti dalam rangka bersih desa. Acara semacam bersih desa ini banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, namun jika kita berkunjung Desa Using Banyuwangi, kita bisa menjumpai Upacara Tradisi bersih desa yang disebut dengan Upacara Seblang. Upacara Seblang adalah salah satu tradisi bersih desa masyarakat Using Banyuwangi lebih tepatnya di Desa Bakungan dan Desa Ulihsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.

upacara-adat-istiadat-seblang-banyuwangi
Tradisi Seblang Banyuwangi

Seblang sendiri merupakan bagian daripada upacara adat masyarakat Desa Using Banyuwangi yang dimaksud dengan penyajian dari atraksinya yang bersifat sakral (suci), namun di dalamnya sangatlah mengandung unsur-unsur seni yang tinggi, walaupun sebenarnya Seblang sendiri bukanlah termasuk salah satu jenis kesenian atau organisasi kesenian.

Acara Seblang ini dilaksanakan setiap setahun sekali secara rutin dalam bentuk kegiatan yang mengandung unsur-unsur permohonan terhadap Sang Pencipta atas kesejahteraan rakyatnya, keamanan serta perlindungan dan ketenangan lingkungan di dalam masyarakat berikut hasil dari pepohonan yang makin melimpah ruah, hasil bumi, sawah dan ladang yang digarapnya terbebas dari berbagai macam jenis hama. Adat dan tradisi ini sampai sekarang masih berlaku dan dilaksanakan di kedua desa tersebut.

upacara-adat-istiadat-seblang-banyuwangi
Salah satu prosesi Upacara Adat Seblang oleh Dukun

Penyelenggaraan Upacara Adat ini bermaksud untuk mempertebal rasa kebersamaan dan rasa persatuan kesatuan di dalam lingkup masyarakat pedesaan yang masih tebal dan harus dilestarikan. Rasa persatuan dan kesatuan yang masih benar-benar dijunjung tinggi ini bertujuan juga untuk memberikan motivasi yang positif di kalangan remaja yang digadang-gadang sebagai generasi penerus bangsa, agar para remaja menyadari bahwa perwujudan gotong royong warisan dari para leluhurnya selalu menghias dan terpatri dalam falsafah negara kita, yaitu Pancasila.

Inilah uraian singkat dari Upacara Adat Seblang masyarakat Using Banyuwangi, dengan harapan bisa memberikan kejelasan dan manfaat sebagai tambahan pengetahuan dan ilmu akan khasanah budaya adat istiadat yang ada selama ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Upacara Bersih Desa "Seblang" dari Masyarakat Using Banyuwangi"

Posting Komentar